Internet "Pisau Bermata Dua"

Setelah beberapa hari offline karena berbagai kesibukan, hari ini aku sempatkan menulis sebuah opini. Aku tau, sudah banyak di media-media, di seminar-seminar yang membahas masalah yang satu ini. Opini ini aku tulis berdasarkan pada maraknya penyalahgunaan media internet.


Mulai aja dech,....
Internet bukan lagi hal yang baru bagi kita (walau aku sendiri tergolong telat mengenal internet, tahun 2001 baru kenal komputer itupun waktu sekolah kelas 2 SMK). Manfaatnya buaaaaaaaaanyaaaaaaaaak banget. Dari yang negatif sampai yang positif.

Aku kutip sebuah artikel dari http://yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/23/bagaimana-dampak-teknologi-informasi/
"Nina Armando, Staf Pengajar Jurusan Komunikasi FISIP UI, mengatakan bahwa kemunculan teknologi komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak."

Aku juga sependapat dengan Nina Armando, aku juga sebagai salah satu staff pengajar juga merasakan betapa dahsyatnya pengaruh yang ditimbulkan oleh komputer dan internet. Setiap aku amati anak-anak didik yang mengoperasikan komputer di laboratorium, mereka tidak akan pernah lupa dengan aplikasi wajib yaitu "web browser". Sebuah perubahan perilaku di dunia pendidikan dimana proses belajar mengajar, transfer pengetahun dari guru-murid menjadi sedikit "terganggu".

"Semua khan ada di internet, jadi peran guru gak begitu penting sekarang", mungkin ungkapan itulah yang menjadikan pergeseran perilaku anak didik. Seperti yang diungkapkan oleh Nina Armando di atas, bagaimanapun juga, kehadiran teknologi komputer khususnya internet bersifat netral. Pada dasarnya internet tidak bisa memilih dan memilah informasi mana yang tepat untuk disajikan kepada user (orang yang sedang mengakses). Yang bisa memilih dan memilah itu adalah user itu sendiri.

Aku pernah bertanya kepada siswa di dalam kelas "kowe ki ngerjakne tugas nyambi internetan atau internetan nyambi ngerjakne tugas ?" Kalau dalam bahasa indonesia : "Kamu itu sedang mengerjakan tugas sambil internetan atau internetan sambil mengerjakan tugas?. Itulah salah satu contoh kecil perubahan perilaku anak didik dalam hal menyikapi kehadiran teknologi informasi.

Dua pekerjaan yang dilakukan anak didik tadi yaitu :
1. Mengerjakan tugas
2. Internetan (yang diakses adalah content yang tidak ada kaitannya dengan materi pembejaraan saat itu)

Dua pertanyaan yang aku lontarkan :
1. Mengerjakan tugas sambil internetan (mengerjakan tugas merupakan prioritas utama)
2. Internetan sambil mengerjakan tugas (mengerjakan tugas merupakan prioritas kedua)

Jadi menurutku, mental dan sikap tanggungjawab perlu ditanamkan sejak dini untuk menyaring informasi yang ada di internet. Kalau menurut temen-temen gimana ?


Related Posts by Categories



1 Response to "Internet "Pisau Bermata Dua""

Posting Komentar